MRT di Singapore

Ada beberapa jenis Ticket MRT di Singapore :
  • Standart Ticket
  • EZ - Link
  • Singapore Tourist Pass
Standart Ticket.

Bila baru pertamakali ke Singapore cara yang paling mudah bila mau menggunakan MRT adalah pakai ticket standar.  Ticket Standar adalah ticket sekali jalan yang digunakan pada hari itu juga.
Ticketnya berupa kartu dan sejenis smartcard, jika Anda membeli ticket ini sudah termasuk deposit 1$ dan akan dikembalikan jika Anda sudah berada di stasiun MRT tujuan dengan cara memasukan ticket ke mesin ticketing.

Mau tahu cara belinya ?
Di setiap statiun dan di airport tujuan ada namanya  General Ticket Machine, kotaknya besar.
Di sebelah kiri bawah pada layar mesin ada tulisan Menu Select Option lalu pilih Standart Ticket.
Lalu Anda diminta memilih Stasiun Tujuan dengan cara menekan lingkaran stasiun tujuan yang ada pada Peta jaringan MRT dan peta tersebut berada disebelah kanan bawah layar.

Bingung ?
Namanya baru pertamakali, ngga usah tergesa-gesa biar ada antrian dibelakang Anda. Bilang aja saya baru pertamakali beli ticket MRT, soalnya dinegara saya belum ada. Hahahahahahhaha.

Nah. Setelah menekan lingkaran stasiun tujuan di sebelah kanan bawah tadi, Anda harus mengarahkan pandangan Anda kesebelah kiri layar. Disana ada Menu jumlah ticket yang Anda mau beli, misalkan Anda berpergian 4 orang, Anda pilih 4.
Setelah itu Anda tinggal membayar, masukan uang disebelah kanan atas. Bila mau bayar uang kertas harus uang kertas yang berbahan dari campuar plastik. Apa itu ? dulu kita ( Republik Indonesia) punya uang pecahan 100 ribu rupiah uang bebahan campuran plastik.

Kemudian cari pintu masuk stasiun, disana ada pintu gerbang ticket. Lalu ticket ditempelkan ke layar yang bergambar kartu dan pintu akan terbuka dan akan bunyi tenda satu kali.
Di stasiun tujuan lakukan hal yang sama di pintu gerbang keluar, dengan menempelkan kartu di desk dengan latar belakang gambar kartu. Jangan lupa ambil kembalian atau deposit saat Anda beli ticket tadi di General Ticketing Machine. Masukan smartcard Anda di lubang sebelah atas dan uang kembalian akan keluar.



Bagaimana jika Anda kebablasan ?
Anda bisa berhenti distasiun berikutnya, cari pintu keluar. Namun pintu gerbang tidak akan terbuka dan Anda akan dikenakan denda. Mau tau berapa dendanya ? Anda bisa bayangkan denda di Singapore, namun jika anda touris dan menunjukan Paspor maka akan lain hal dan dendanya seharga ticket.

EZ-Link Card

Kartu ini semacam kartu Pra Bayar, bila habis bisa isi ulang. Tempat belinya di Ticket Office di setiap stasiun MRT. Harga EZ-Link adalah 12$, yang bisa dipakai 7$ dan sisanya yang 5$ tidak bisa dikembalikan. Kartu ini bisa dipakai ulang jika anda ke singapore lagi dengan masa berlakuk kartu selama 5 tahun.

Singapore Tourist Pass (STP).
Sama seperti EZ-Link, dapat di TopUp. Bedanya STP hanya untuk tourist yang akan tinggal selama 3 hari saja.

Untuk TopUp ke 3 kartu diatas dapat Anda lakukan di General Ticketing Machine.

Nah, keterangan ini semoga bermanfaat buat yang baru pertama kali ke Singapore.